TRIBUN-VIDEO.COM – Stevens–Johnson Syndrome adalah kelainan langka namun serius yang menyerang kulit, selaput lendir, alat kelamin, dan mata.

Stevens–Johnson Syndrome biasanya disebabkan oleh reaksi terhadap obat-obatan tertentu atau bisa juga disebabkan oleh infeksi.

Stevens–Johnson Syndrome sering dimulai dengan gejala seperti flu dan demam.

Dalam beberapa hari, kulit penderita Stevens–Johnson Syndrome akan mulai melepuh dan mengelupas, membentuk daerah mentah yang sangat menyakitkan yang disebut erosi yang menyerupai luka bakar air panas yang parah.

Erosi kulit biasanya mulai pada wajah dan dada sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada sebagian besar individu yang terkena, kondisi ini juga merusak selaput lendir, termasuk lapisan mulut dan saluran udara, yang dapat menyebabkan masalah ketika menelan dan bernapas.

Lepuh yang menyakitkan juga dapat mempengaruhi saluran kemih dan alat kelamin.

Stevens–Johnson Syndrome juga bisa mengancam jiwa penderitanya.

Sekitar 10% penderita Stevens–Johnson Syndrome meinggal karena penyakit tersebut dan sekitar 50% mengalami toxic epidermal necrolysis atau keadaan paling fatal dari Stevens–Johnson Syndrome.

source: https://pub-ed-inquiry.org

Xem thêm các bài viết về Sức Khỏe: https://pub-ed-inquiry.org/category/suc-khoe/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>